Pengunjung Padati KRUS Samarinda

Sabtu, 04 Juni 2011 17:54 WITA | Ekonomi dan Pariwisata

Oleh: Amirullah

Samarinda (ANTARA News – Kaltim) – Pengunjung tidak saja dari  Samarinda namun dari beberapa daerah yang dekat dengan kota itu, Sabtu memadati salah satu obyek wisata alam di Kaltim, yakni Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) untuk mengisi libur akhir pekan ini.
Dilaporkan di Samarinda, Sabtu bahwa jumlah pengunjung diperkirakan naik 100 persen ketimbang hari-hari biasa, apalagi bertepatan dengan libur nasional Kenaikan Isa Almasih.      KRUS menjadi salah satu alternatif warga di daerah itu dalam mengisi libur panjang.
Terletak di bagian utara Kota Samarinda dan hanya dijangkau dengan waktu 20 menit dari pusat ibukota Provinsi Kaltim itu, KRUS yang memiliki luas 300 hektare, menjadi salah satu objek wisata di daerah itu yang paling diminati warga.
Warga yang berkunjung, menurut salah seorang petugas, bukan hanya dari Samarinda tetapi juga warga dari berbagai kota di Kaltim.
Pengelola KRUS  menawarkan kepada pengunjung berbagai wahana wisata, mulai taman bermain, miniatur hutan Kalimantan, miniatur kebun binatang, wisata air dan berbagai hiburan lainnya.
“Pengunjung KRUS umumnya berasal dari Kota Samarinda namun pada musim liburan apalagi libur panjang seperti saat ini banyak juga warga dari luar kota seperti dari Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kutai Kartanegara dan Kutai Barat,” kata Kepala Pengelola KRUS, Syarif Effendi.
Wahana yang paling banyak dikunjungi warga pada musim liburan tersebut kata Syarif Effendi yani miniatur kebun binatang.
“Wahana yang paling banyak dikunjungi yakni miniatur kebun binatang. Di tempat ini terdapat 24 jenis satwa termasuk hewan yang dilindungi. Kami terus melakukan renovasi di kawasan kebun binatang termasuk membuat kandang-kandang khusus bagi beberapa jenis satwa yang dilindungi agar tidak terjadi kontak langsung dengan pengunjung serta membuat arena bermain bagi satwa itu agar tidak stres,” kata Syarif Efendi.
Wahana wisata air dan hutan juga menjadi incaran pengunjung KRUS, katanya.
“Jika hari libu biasa, jumlah pengunjung hanya berkisar 100 hingga 300 pengunjung dan pada Minggu jumlah pengunjung mencapai 1. 000 orang. Namun, sampai sore ini (Sabtu) jumlah pengunjung sudah mencapai 500 orang dan puncaknya diperkirakan berlangsung besok (MinggU) dengan jumlah pengunjung lebih 1. 000 bahkan bisa menapai 2. 000 orang,” ungkap Syarif Effendi.
Walaupun mengalami lonjakan pengunjung hingga lebih 100 persen namun pihak pengelola KRUS kata dia tidak menaikkan tarif.
“Tarif per orang tetap yakni Rp5. 000,” kata Syarif Effendi.
Salah satu upaya dalam memberikan hiburan alternatif bagi pengunjung KRUS dalam mengisi libur panjang lanjut Syarif Effendi yakni memberikan hiburan, baik pertunjukan musik maupun pementasan teater.
Selain sebagai arena rekreasi dan berfungsi sebagai sarana penellitian/pendidikan bagi mahasiswa dan masyarakat, Kebun Raya Unmul Samarinda juga sebagai Hutan Konservasi yang masih memiliki keanekaragaman hayati yang relatif alami, baik Flora maupun Fauna yang ada didalamnya.
“Pembangunan Kebun Raya Unmul Samarinda dimaksudkan untuk memelihara dan membina ‘vegetasi’ (Konservasi In-situ) serta memperbanyak keanekaragaman Flora dan Fauna serta koleksi jenis-jenis eksotik (Konservasi Eks-situ). Selain itu KRUS juga diperuntukan areal rekreasi alam (Ekotourisme) serta pengenalan alam bagi berbagai kalangan masyarakat,” ungkap Syarif Effendi.

http://kaltim.antaranews.com/berita/4004/pengunjung-padati-krus-samarinda

Advertisements
Tags: ,

Tinggalkan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: